Kurikulum

  • Care Provider

  • Communicator

  • Health educator and promoter

  • Manager and leader

  • Researcher

Program Studi Keperawatan dan Profesi Ners  memiliki sembilan capaian pembelajaran lulusan (CPL). CPL tersebut terdiri atas empat aspek yaitu Sikap (CPL 1 dan 2), Pengetahuan (CPL 3,4,5), Keterampilan Umum  (CPL 6 dan 7) serta Keterampilan Khusus (CPL 8 dan 9)

Capaian Pembelajaran  Lulusan (CPL) Program Studi Keperawatan dan Pendidikan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

CPLDeskripsi CPL
CPL 1 Menunjukkan nilai-nilai ketakwaan terhadap Tuhan YME dan nilai-nilai ke-Muhammadiyahan dalam kehidupan bermasyarakat
CPL 2Menunjukkan sikap profesional berdasarkan etika, hukum dan budaya dalam mengatasi masalah kesehatan
CPL 3Menguasai konsep ilmu keperawatan dan ilmu biomedik untuk melakukan asuhan keperawatan yang berwawasan global berdasarkan teknologi informasi dan nilai-nilai islam
CPL 4Menguasai konsep edukasi dan promosi kesehatan dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat berbasis IPTEK dan kolaborasi interprofesi
CPL 5Menguasai konsep metodologi penelitian dan perangkat analisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif berbasis IPTEK
CPL 6Mengimplementasikan pengetahuan dan ketrampilan dalam asuhan keperawatan berdasarkan IPTEK, kolaborasi interprofesi, dan nilai-nilai islam
CPL 7Mengambil keputusan yang tepat berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data dalam penyelesaian masalah kesehatan
CPL 8Mampu melaksanakan asuhan keperawatan secara profesional pada tatanan laboratorium dan lapangan (klinik dan komunitas) berlandaskan IPTEK, kolaborasi interprofesi dan nilai-nilai Islam
CPL 9Mampu melaksanakan edukasi dan promosi kesehatan pada sistem klien dengan menggunakan komunikasi efektif berbasis IPTEK

 

 

NoProfil Lulusan (Program Learning Outcome)CPL
123456789
1Care ProviderVVVVVVV
2CommunicatorVVVVV
3Health Educator and PromoterVVVVVV
4Manager and LeaderVVVV
5ResearcherVVVV

Peta Kurikulum

Profesi

Semester 9

Mahasiswa mampu mengelola asuhan keperawatan di klinik (Gadar, Jiwa) dan Komunitas (Komunitas, Keluarga, Gerontik) serta Manajemen Keperawatan, dan melakukan penulisan karya ilmiah pada asuhan keperawatan dengan pendekatan berbasis bukti dan penerapan keperawatan Islam

Semester 8

Mahasiswa mampu mengelola asuhan keperawatan di klinik (keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawtan anak, keperawatan maternitas)

Sarjana

Tahun Ke-4
Semester 7

Mahasiswa mampu menelaah asuhan keperawatan pada kasus kegawatdaruratan dan manajemen bencana serta menelaah keperawataan klinik terintegrasi dan elektif

Tahun Ke-3
Semester 6

Mahasiswa mampu memahami dan mempraktikan kepemimpinan dan manajemen dalam keperawatan serta melakukan kolaborasi interprofesi dan KKN, serta keperawatan gerontik dan paliatif

Semester 5

Mahasiswa mampu menelaah dan mempraktikan asuhan keperawatan pada keperawatan komunitas dan keluarga serta melakukan penelitian dan menerapakan sistem informasi teknologi

Tahun Ke-2
Semester 4

Mahasiswa mampu memahami dan merencanakan asuhan keperawatan di seeting dewasa dan anak (Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas)

Semester 3

Mahasiswa mampu memahami dan merencanakan asuhan keperawatan di klinik (Keperawatan Medikal Bedah dan Keperawatan Jiwa) serta Kewirausahaan dan Etika Hukum

Tahun Ke-1
Semester 2

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Ilmu Dasar Keperawatan, Keperawatan Dasar, Promosi Kesehatan, Kesehatan Kerja, dan Praktik Klinik Kpeerawtaan Dasar

Semester 1

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan Falsafah dan Teori Keperawatan Islam, Ilmu Biomedik Dasar, Komunikasi Keperawtaan, Psikososial dan Budaya dalam Keperawatan serta Konsep Dasar dalam Keperawatan