Capaian Pembelajaran

CAPAIAN PEMBELAJARAN SESUAI PROFIL LULUSAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Sikap :
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  3. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  4. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  5. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  7. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
  8. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  9. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  12. Mampu bertanggung gugat terhadap praktik profesional meliputi kemampuan menerima tanggung gugat terhadap keputusan dan tindakan profesional sesuai dengan lingkup praktik di bawah tanggungjawabnya, dan hukum/peraturan perundangan
  13. Mampu melaksanakan praktik keperawatan dengan prinsip etis dan peka budaya sesuai dengan Kode Etik Perawat Indonesia
  14. Memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak klien untuk memilih dan menentukan sendiri asuhan keperawatan dan kesehatan yang diberikan, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh dalam kapasitas sesuai dengan lingkup tanggungjawabnya
  15. Menunjukkan sikap saling tolong menolong dan mengajak dalam kebaikan dan mengingatkan serta mencegah keburukan (Amar Ma’ruf Nahi Mungkar)
  16. Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati manusia sebagai individu yang bermartabat sejak hasil konsepsi sampai meninggal
  17. Menunjukan cara beragama yang hanif (lurus) dan washatiyah (moderat)
  18. Menunjukan cara beragama yang mampu menggerakkan untuk berbuat kebaikan
  19. Memiliki nilai nilai Islam yang berkemajuan sesuai Al Quran dan As Sunah dalam penerapan asuhan keperawatan
  20. Mampu bekerjasama dengan tenaga kesehatan professional lain dengan berbagai latar belakang budaya
  21. Mampu menghargai perbedaan nilai, pilihan, kepercayaan dan kebutuhan yang berbeda sesuai dengan nilai Ke-Islaman
  22. Penguasaan Pengetahuan
  23. Menguasai teori keperawatan, khususnya konseptual model dan middle range theories
  24. Menguasai konsep teoritis ilmu biomedik
  25. Menguasai nilai-nilai kemanusiaan (humanity values)
  26. Menguasai teknik, prinsip dan prosedur pelaksanaan asuhan/ praktek keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok , pada bidang keilmuan keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawatan gawat darurat, kep. kritis, kep. bencana, kep. paliatif dan menjelang ajal, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan komunitas dan keluarga
  27. Menguasai konsep dan teknik penegakkan diagnosis asuhan keperawatan
  28. Menguasai konsep teoretis komunikasi terapeutik
  29. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik penyuluhan kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan penyakit pada level primer, sekunder dan tertier
  30. Menguasai prinsip dan prosedur bantuan hidup lanjut (advance life support) dan penanganan trauma (basic trauma cardiac life support/BTCLS) pada kondisi kegawatdaruratan dan bencana
  31. Menguasai konsep dan prinsip manajemen dalam pengelolaan asuhan keperawatan kepada klien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan
  32. Menguasai pengetahuan faktual tentang sistem informasi asuhan keperawatan dan kesehatan
  33. Menguasai prinsip-prinsip K3, hak dan perlindungan kerja ners
  34. Menguasai metode penelitian ilmiah