Capaian Pembelajaran
CAPAIAN PEMBELAJARAN SESUAI PROFIL LULUSAN
Care Provider
Manager dan Leader
Researcher
Helth Educator dan Promoter
Communicator
Care Provider
No | Profil Lulusan | Unsur SN PT & KKNI | Capaian Pembelajaran (CP) | |
---|---|---|---|---|
1 | Care Provider | Sikap | S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; | |||
S3 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | |||
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | |||
S10 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. | |||
S11 | Mampu bertanggung gugat terhadap praktik profesional meliputi kemampuan menerima tanggung gugat terhadap keputusan dan tindakan profesional sesuai dengan lingkup praktik di bawah tanggungjawabnya, dan hukum/peraturan perundangan; | |||
S12 | Mampu melaksanakan praktik keperawatan dengan prinsip etis dan peka budaya sesuai dengan Kode Etik Perawat Indonesia; | |||
S13 | Memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak klien untuk memilih dan menentukan sendiri asuhan keperawatan dan kesehatan yang diberikan, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh dalam kapasitas sesuai dengan lingkup tanggungjawabnya. | |||
S14 | Menunjukkan sikap saling tolong menolong dan mengajak dalam kebaikan dan mengingatkan serta mencegah keburukan (Amar Ma’ruf Nahi Mungkar) | |||
S15 | Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati manusia sebagai individu yang bermartabat sejak hasil konsepsi sampai meninggal | |||
Penguasaan Pengetahuan | PP1 | Menguasai filosofi, paradigma, teori keperawatan, khususnya konseptual model dan middle range theories; | ||
PP2 | Menguasai konsep teoritis ilmu biomedik; | |||
PP3 | Menguasai nilai-nilai kemanusiaan (humanity values); | |||
PP4 | Menguasai teknik, prinsip dan prosedur pelaksanaan asuhan/praktik keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok, pada bidang keilmuan keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan keluarga, keperawatan gerontik, dan keperawatan komunitas, serta keperawatan bencana. | |||
PP5 | Menguasai konsep dan teknik penegakkan diagnosis asuhan keperawatan; | |||
PP8 | Menguasai prinsip dan prosedur bantuan hidup lanjut (advance life support) dan penanganan trauma (basic trauma cardiac life support/BTCLS) pada kondisi kegawatdaruratan dan bencana; | |||
PP13 | Menguasai teknologi informasi untuk mendukung pengelolaan asuhan keperawatan berbasis bukti (evidence based nursing) | |||
PP14 | Menguasai Bahasa Inggris | |||
PP15 | Menguasai pengetahuan Islam murni yang berkemajuan | |||
PP16 | Menguasai pengetahuan tentang konsep Al-Maun | |||
PP17 | Menguasai pengetahuan tentang konsep akhlakul karimah | |||
PP19 | Menguasai pengetahuan nilai nilai Islam dalam penerapan asuhan keperawatan. | |||
Keterampilan Umum | KU1 | Bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik, dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya; | ||
KU2 | Membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; | |||
KU5 | Membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; | |||
KU6 | Bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengan kode etik profesinya; | |||
Keterampilan Khusus | KK1 | Mampu memberikan asuhan keperawatan yang lengkap dan berkesinambungan yang menjamin keselamatan klien (patient safety) sesuai standar asuhan keperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah atau belum tersedia; | ||
KK2 | Mampu memberikan asuhan keperawatan pada area spesialisasi (keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa atau keperawatan komunitas) sesuai dengan delegasi dari ners spesialis; | |||
KK3 | Mampu melaksanakan prosedur penanganan trauma dasar dan jantung (basic trauma and cardiac life support/BTCLS) pada situasi gawat darurat/bencana sesuai standar dan kewenangannya; | |||
KK4 | Mampu memberikan (administering) obat oral, topical, nasal, parenteral, dan supositoria sesuai standar pemberian obat dan kewenangan yang didelegasikan; | |||
KK5 | Mampu menegakkan diagnosis keperawatan dengan kedalaman dan keluasan terbatas berdasarkan analisis data, informasi, dan hasil kajian dari berbagai sumber untuk menetapkan prioritas asuhan keperawatan |
Manager dan Leader
No | Profil Lulusan | Unsur SN & KKNI | Capaian Pembelajaran | |
---|---|---|---|---|
4 | Manager dan Leader | Sikap | S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
S7 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | |||
S8 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | |||
S9 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; | |||
S15 | Menunjukkan sikap kritis yang membangun dan berkemajuan | |||
Penguasaan Pengetahuan | PP9 | Menguasai konsep dan prinsip manajemen dalam pengelolaan asuhan keperawatan kepada klien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan; | ||
PP10 | Menguasai pengetahuan faktual tentang sistem informasi asuhan keperawatan dan kesehatan | |||
PP11 | Menguasai prinsip-prinsip K3, hak dan perlindungan kerja ners; | |||
Keterampilan Umum | KU3 | Menyusun laporan atau kertas kerja atau menghasilkan karya desain di bidang keahliannya berdasarkan kaidah rancangan dan prosedur baku, serta kode etik profesinya, yang dapat diakses oleh masyarakat akademik; | ||
KU8 | Memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya; | |||
KU9 | Bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya; | |||
KU10 | Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya; | |||
KU11 | Mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya; | |||
KU7 | Melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat | |||
Keterampilan Khusus | KK14 | Mampu mengelola sistem pelayanan keperawatan dalam satu unit ruang rawat dalam lingkup tanggungjawabnya; | ||
KK16 | Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program promosi kesehatan, melalui kerjasama dengan sesama perawat, profesional lain serta kelompok masyarakat untuk mengurangi angka kesakitan, meningkatkan gaya hidup dan lingkungan yang sehat. | |||
Researcher
No | Profil Lulusan | Unsur SN & KKNI | Capaian Pembelajaran (CP) | |
---|---|---|---|---|
5 | Researcher | Penguasaan Pengetahuan | PP12 | Menguasai metode penelitian ilmiah. |
Keterampilan Khusus | KK11 | Mampu melakukan studi kasus secara teratur dengan cara refleksi, telaah kritis, dan evaluasi serta peer review tentang praktik keperawatan yang dilaksanakannya; | ||
KK15 | Mampu melakukan penelitian dalam bidang keperawatan untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis organisasi; |
Helth Educator dan Promoter
No | Profil Lulusan | Unsur SN & KKNI | Capaian Pembelajaran (CP) | |
---|---|---|---|---|
3 | Educator dan Health Promotor | Sikap | S6 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; |
Penguasaan Pengetahuan | PP7 | Menguasai konsep, prinsip, dan teknik penyuluhan kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan penyakit pada level primer, sekunder dan tertier; | ||
Keterampilan Umum | KU12 | Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri. |
Communicator
No | Profil Lulusan | Unsur SN & KKNI | Capaian Pembelajaran (CP) | |
---|---|---|---|---|
2 | Communicator | Penguasaan Pengetahuan | PP6 | Menguasai konsep teoretis komunikasi terapeutik; |
Keterampilan Umum | KU4 | Mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi, dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya; | ||
Keterampilan Khusus | KK10 | Mampu melakukan komunikasi terapeutik dengan klien dan memberikan informasi yang akurat kepada klien dan/atau keluarga /pendamping/penasehat utnuk mendapatkan persetujuan keperawatan yang menjadi tanggung jawabnya; |
CAPAIAN PEMBELAJARAN
- Sikap :
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
- Mampu bertanggung gugat terhadap praktik profesional meliputi kemampuan menerima tanggung gugat terhadap keputusan dan tindakan profesional sesuai dengan lingkup praktik di bawah tanggungjawabnya, dan hukum/peraturan perundangan
- Mampu melaksanakan praktik keperawatan dengan prinsip etis dan peka budaya sesuai dengan Kode Etik Perawat Indonesia
- Memiliki sikap menghormati hak privasi, nilai budaya yang dianut dan martabat klien, menghormati hak klien untuk memilih dan menentukan sendiri asuhan keperawatan dan kesehatan yang diberikan, serta bertanggung jawab atas kerahasiaan dan keamanan informasi tertulis, verbal dan elektronik yang diperoleh dalam kapasitas sesuai dengan lingkup tanggungjawabnya
- Menunjukkan sikap saling tolong menolong dan mengajak dalam kebaikan dan mengingatkan serta mencegah keburukan (Amar Ma’ruf Nahi Mungkar)
- Menunjukkan sikap menghargai dan menghormati manusia sebagai individu yang bermartabat sejak hasil konsepsi sampai meninggal
- Menunjukan cara beragama yang hanif (lurus) dan washatiyah (moderat)
- Menunjukan cara beragama yang mampu menggerakkan untuk berbuat kebaikan
- Memiliki nilai nilai Islam yang berkemajuan sesuai Al Quran dan As Sunah dalam penerapan asuhan keperawatan
- Mampu bekerjasama dengan tenaga kesehatan professional lain dengan berbagai latar belakang budaya
- Mampu menghargai perbedaan nilai, pilihan, kepercayaan dan kebutuhan yang berbeda sesuai dengan nilai Ke-Islaman
- Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai teori keperawatan, khususnya konseptual model dan middle range theories
- Menguasai konsep teoritis ilmu biomedik
- Menguasai nilai-nilai kemanusiaan (humanity values)
- Menguasai teknik, prinsip dan prosedur pelaksanaan asuhan/ praktek keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok , pada bidang keilmuan keperawatan dasar, keperawatan medikal bedah, keperawatan gawat darurat, kep. kritis, kep. bencana, kep. paliatif dan menjelang ajal, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan jiwa, keperawatan komunitas dan keluarga
- Menguasai konsep dan teknik penegakkan diagnosis asuhan keperawatan
- Menguasai konsep teoretis komunikasi terapeutik
- Menguasai konsep, prinsip, dan teknik penyuluhan kesehatan sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan penyakit pada level primer, sekunder dan tertier
- Menguasai prinsip dan prosedur bantuan hidup lanjut (advance life support) dan penanganan trauma (basic trauma cardiac life support/BTCLS) pada kondisi kegawatdaruratan dan bencana
- Menguasai konsep dan prinsip manajemen dalam pengelolaan asuhan keperawatan kepada klien di berbagai tatanan pelayanan kesehatan
- Menguasai pengetahuan faktual tentang sistem informasi asuhan keperawatan dan kesehatan
- Menguasai prinsip-prinsip K3, hak dan perlindungan kerja ners
- Menguasai metode penelitian ilmiah